CPU atau PROSESSOR

Prosessor Intel
   CPU adalah komponen berupa chip atau IC yang berbentuk persegi empat yang merupkan otak dan pengendali proses kerja komputer dengan dibantu komponen-komponen yang lain. Satuan kecepatan dari prosesor adalah MHz, semakin besar nilainya maka semakin cepat proses eksekusi pada komputer.
  • TIGA BAGIAN UTAMA PROSESSOR
ALU (Arythmetic Logic Unit)
Bagian prosessor yang bertugas melakukan semua perhitungan Aritmatika yang terjadi sesuai denagn instruksi program. Selain itu ALU juga menyelesaikan instruksi program yang berupa operasi logika. Operasi logika meliputi (=) , (>) , (< >) , (<) , (< =)  , (> =)
CU (Control Unit)
Control unit bertugas untuk mengatur lalu lintas data yang berfungsi untuk:
-Mengatur dan mengendalikan peralatan I/O
-Mengembalikan instruksi memori utama
-Mengambil data dari memori utama untuk diproses
-Mengirim instruksi proses ke memori utama
-Menyimpan hasil proses ke memori utama

MU (Memory Unit)
Unit memori adalah alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi. Digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses. Disebut juga CECHE MEMORY yang telah ditanam dalam prosessor sehingga prosessor akan lebih cepat melakukan eksekusi.
  • HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMILIH PROSESSOR
FSB
Diistilahkan juga dengan PC. Intel IV 1,8 GHz Pc-400 berarti prosessor tersebut bekerja pada bus atau FSB 400MHz dan dalam satu kali pengirim data, maupun mengirim data sebanyak 400juta. Semakin besar FSB semakin cepat pengiriman data.
Clock Speed Prosessor
Nilai Clock Speed sangat berpengaruh pada proses kinerja prosessor. Intel 1,8 GHz artinya prosessor mempunyai kecepatan untuk eksekusi perintah sebesar 1800juta dalam satu detik. jadi semakin besar clock speed semakin cepat prosessor menyelesaikan pekerjaan
Cache Memory
Nilai Cache Memory yang tinggi akan mempercepat kinerja prosessor untuk mengeksekusi dan mentransfer data

0 komentar:

Posting Komentar