Pemasangan Motherboard dan Komponen yang ada didalamnya

 Saya mau share ni langkah-langkah dalam merakit Komponen Hardware yang pernah saya praktikan mudah-mudahan dapat membantu tapi karena keterbatasan saya mohon maaf karena gk ada gambarnya(Mohon Di maklumi) Oke langsung aja Step by stepnya:

*Persiapkan komponen-komponen hardware PC yang akan dirakit, selain itu persiapkan juga peralatan untuk pemasangannya seperti Obeng plus(+) ukuran sedang atau dan kecil.

*Baca petunjuk pemasangan hardware PC (ya seperti di tempat saya ini)

*Letakan motherboard pada tempat yang datar(tau kan motherboard/mainboard lah yang lebih dikenal).

*Pasang PROSESSOR pada MOTHERBOARD. Pemasangan prosessor dilakukan di Luar Casing ya Ingat supaya memudahkan dalam pemasangannya nanti. Langkah-langkahnya dalam memasang prosessor:
  • Buka Tuas yang ada pada Soket prosessor dengan menekan kebawah tuas kemudian digeser sedikit dan diangkat untuk membukanya.
  • Angakt plat Logam yang ada diatasnya(soket).
  • Ambil prosessor, temukan pin nomer 1 pada prosessor yang biasanya ditandai segitiga dibagian sudutnya.
  • Cocokan urutan kaki prosessor dengan Soket. Cocokan pin nomer 1(yang bertanda segitiga) pada prosessor dan sesuaikan dengan yang ada di soket.
  • Jika sudah sesuai, letakan prosessor denagn hati-hati. Kita tidak perlu menekan prosessor dalam pemasangannya(Pakai Hati).
  • Jika sudah terpasang, tutup kembali plat logam pada soket.
  • Tutup kembali tuas pada soket, agar prosessor dapat terkunci denagn baik.
  • Ambil termal paste(punya kan ,klo gk punya beli) dan oleskan sedikit di atas prosessor.
  • Ratakan termal paste di permukaan prosessor .
  • Jika telah rata, ambil heatsink(tau kan yang kipas itu loh muter" gk punya pke kipas angin), pasangkan pada motherboard. Perhatikan posisi pengunci heatsink dan kunci dengan hati-hati.
  • Pasang konektor power untuk fan prosessor ke motehrboard. Untuk mengetahui konektor yang tepat maka periksalah konektor denganlabel CPU fan pada motherboard.
*Pasang memori pada sllot RAM yang ada d motherboard. Perhatikan posisi celah dari RAM pada saat pemasangan. Slot RAM memiliki dua pengunci di sebelah kiri dan kanan. Buka pengunci slot, pasang RAM dengan hati-hati. Tekan kedua ujung RAM secara bersamaan, maka slot RAM akan terkunci.

*Siapkan Casing untuk pemasangan motherboard.

*Pada Casing, terdapat tempat untuk meletakan spicer untuk didudukan motherboard. Pilihlah lubang spicer yang tepat pasanglah terlebih dahulu spicer tersebut pada tempatnya.

*Masukan motherboard secara perlahan. Pada saat pemasangan motherboard perhatikan panel belakang yang berupa I/O ports. Posisi I/O port harus sesuai pada panel belakang sehingga motherboard dapat terpasang dengan baik.

*Kemudian, Pasangkan baut yang disediakan pada motherboard(Pastikan semua baut terpasang kencang).
 
  Nah begitulah langkah-langkahnya dalam memasang motherboard dan prosessornya ,monggo di jajal..

2 komentar: