HARDISK

  Hardsik adalah komponen yang berbentuk segiempat yang berisi platter atau piringan. Hardisk berfungsi sebagai salah satu alat Booting Computer,Media penyimpanan Os,etc..Kapasitas Hardisk adalah kemampuan untuk menampung atau menyimpan data dan aplikasi program pada komputer.Ukuran kapasitas hardisk dalam bentuk giga byte(Gb). 3 jenis Hardisk berdasarkan interfacenya :

HD.parallel ATA (PATA)
HD.PATA menggunakan interface berupa kabel IDE40pin berbentuk seperti pita dan lebar. HD.PATA memiliki kecepatan rotasi 3600rpm atau ATA66, 5400rpm atau ATA100, 7200rpm atau ATA133

HD.Serial ATA (SATA)
HD.SATA sama dengan HD.PATA yang membedakan hanya pada kabel data yang digunkan.HD.SATA menggunakan kabel yang tipis dan lebih kecil dari kabel IDE40pin. Kecepatan putaran HD.SATA sudah mencapai 7200rpm, sehingga lebih cepat dalma transfer data.

HD.SCSI
HD.SCSI rata-rata memiliki kecepatan 10000rpm dan tidak biasa digunakan untuk PChome tetapi biasanya digunakan untuk komputer server. Interface HD.SCSI menggunakan I/O card yaitu interface yang menghubungkan antara hardisk dengan mainboard(SCSI card)

0 komentar:

Posting Komentar