MEMORI UTAMA

   Memori itu dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Memori First Level/L1, Memori Second Level/L2, Memori Module. Memori L1 dan L2 terdapat pada prosessor sedangkan Memori Module terpisah dari prosessor. Memori ini biasa terlihat pada motherboard. Memori Module berfungsi untuk menyimpan data dan program yang bersifat sementara yaitu hanya bekerja pada saat komputer hidup. Ukuran kapasitas memori dalam satuan byte.
  • JENIS MEMORI
ROM (Read Only Memori)
ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca tidak dapat dihapus atau dirubah oleh pengguna karena program tersebut diisikan oleh pabrik pembuatnya. ROM terdapat pada BIOS yang terdapat pada motherboard yang berfungsi untuk mensettin peripheral.
RAM (Random Acces Memori)
Data dan program yang masuk melalui input akan disimpan sementara di RAM ,karena data tersebut dapat diakses secara acak(dapat diisi,ditulis,diambil atau dihapus isinya)
  • SIMM (Single In Line Memori Module)


Single pada SIMM berhubungan dengan penomoran pin. Secara fisik, pin yang berada di kedua bagian muka dan belakang memiliki nomor yang sama. SIMM dikelompokan berdasarkan jumlah pin.
  • DIMM (Dual In Line Memori Module)
Dual berarti pada kedua sisi memori module memiliki nomor pin yang berbeda. Masing-masing sisi menjalankan dua sekens yang berbeda tetapi masih mendukung satu proses utama yang sama. Dalam pembuatannya DIMM menggunakan system DRAM (Dynamic RAM).

0 komentar:

Posting Komentar