MOTHERBOARD

    Motherboard adalah perangkat terpenting dalam komputer yang berfungsi untuk tempat memasang atau meletakan berbagai perangkat, seperti: Prosessor, Memory, VGA card, Sound card, I/O card ,etc..Berikut adalah komponen-komponen yang terdapat dalam motherboard:
  • Slot dan soket prosessor
   Tempat meletakan dan memaasang prosessor di motherboard dengan dilengkapi kait pengunci agar prosessor ayng terpasang tidak bergerak.Bentuk soket disesuaikan dengan tipe prosessor yang akan digunakan. Berikut ini tabel jenis soket motherboard dan jenis prosessor yang menempatinya:
  •   Chipset motherboard
     Chipset berguna untuk mengatur atau membagi fungsi-fungsi dalam motherboard.Chipset dikenali dengan membaca label yang ada  dipermukaannya, chipset yang umumnya kita temukan di pasaran antara lain Intel,SIS,VIA,Nvidia,etc..Beberapa chipset menyediakan fasilitas VGA on board dan Sound on Board.Dalam motherboard dikenal dua jenis chipset:

Northbridge Chipset
Chipset utama yang mengatur alur data kinerja prosessor utama yang berhudungan dengan komponen utama, misalnya slot memori, slot AGP dan slot PCI. NORTHBRIDGE Chipset terletak di dekat prosessor.

Southbridge Chipset
Chipset yang berfungsi sebagai pengatur alur data kinerja prosessor untuk berhubungan dengan komponen sekunder atau kompnen selain yang diatur NORTHBRIDGE Chipset. Misalnya control IDE/hardisk, dirve, DMA dan interrupt. Chipset pada motherboard ada yang sama dengan merk motherboard tetapi juga ada yang berbeda .Jenis chipset yang digunakan pada motherboard akan berpengaruh pada:
-Tipe prosessor yang biasa digunakan pada motherboard
-Kelengkapan I/O prt yang disediakan
-Tipe display adaptor yang biasa digunakan(VGA)
-Jenis memori yang bisa mendukung system PC
-Kelengkapan fitur-fitur tambahan
  • IC CMOS/BIOS
   IC CMOS/BIOS adalah chip yangberisi software BIOS. Berfungsi membaca dan mendata hardware yang terpasang pada motherboard, melalui BIOS kita dapat mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa komponen dalam motherboard
  • Slot memori/SIMM dan DIMM
   Slot memori ini berbentuk persegi panjang tipis dan memiliki pin atau kaki.Slot ini digunakan untuk meletakan memory card atau dikenal dengan RAM
  •  Slot PCI
    Slot PCI adalah saluran 32 bit dan 64 bit standar local bus yang meningkatkan bus ekspansi langsung ke CPU.Dengan demikian proses kerja komponen yang menempatinya akan lebih cepat karena langsung diakses oleh CPU tanpa melalui komponen lain.Slot ini berwarna putih dan terdiri atas dua kanal.Biasanya digunakan untuk VGA card seri lama,Sound card,Modem card,TV turner,rtc..
  • Slot VGA
    Merupakan slot VGA jenis baru yang menggunakan saluran 128 bit yang khusus digunakan untuk meningkatkan kinerja VIDEO ADAPTER 3D. Kerja AGP dua kali lebih cepat dari PCI dengan menggunakan halur khusus data grafis dengan slot sendiri.
  • PIN group atau front panel
    Sekumpulan konektor yang berhubungan dengan kabel reset,HDD LED, Power LED,Speaker,Casing dan saklar tombol power ON/OFF pada Casing.
  • Port power supply motherboard
   Sebagai tempat meletakan konektor kabel power supply yang ada pada casing. Port inin berbentuk kotak berwarna putih dan terdiri atas 20pin.
  • Port I/O motherboard
   Port I/O merupakan port atau gerbang tempat dipasangnya konektor peralatan input output yang ada di motherboard dan biasanya terletak di belakang Casing.
I/O port terdiri dari: Port serial, Port parallel,Port PS2,Port VGA,Port Com,Port USB.

Sebenernya sih masih ada lagi yang lain tapi saya cuma bisa jelasin sampai sini aja..

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih motherboard:
  • Jenis Chipset yang ditanam (intel,VIA,Nvidia,etc)
  • Front Side Bus(FSB) 1066/800/533,etc.
  • Kelengkapan kkomponen yang ada pada motherboard

0 komentar:

Posting Komentar