POWER SUPPLY





    Power supply adalah perangkat elektronik yang berbentuk kotak dan menempel pada bagian belakang casing.Power supply berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC dan mensuplai tegangan ke komponen-komponen Hardware yang membutuhkan  tegangan. Pada power supply terdapat konektor-konektor yang memiliki fungsi berbeda dan memiliki tegangan keluaran yang berbeda disesuaikan dengan komponen hardware yang membutuhkan.

   JENIS POWER SUPPLY
  •  Power Supply AT
    Power supply AT memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power(p8 dan p9) sehingga pemasangan kabel tegangan ke motherboard harus sangat hati-hati agar tidak terbalik. Pemasangannya yaitu kabel yang berwana hitam dari konektor p8 dan p9 harus bertemu ditengah jika disatukan.Pada power supply jenis ini,tombol ON/OFF dihubungkan langsung pada Casing.Sehingga untuk menyalakan atau mematikan kita harus menekan tombol power. Power supply jenis AT digunakan pada masa Pentium II, pada era Pentium III hingga sekarang sudah tidak menggunakan  power supply jenis ini
  •  Power Supply ATX
   Power Supply ATX memiliki konektor kabel power yang dihubungkan ke motherboard sudah menjadisatu kesatuan dengan jumlah pin 20.Dalam pemasangan dapat dihindari kesalahan pemasangan karena bentuk konektor power sudah di sesuaikan dengan konektor power yang ada di motherboard.Pada power supply ATX dilengkapi dengan power switch atau disebut auto shutdown, jadi pada saat komputer komputer akan mematikan dapat dilakukan dengan perintah shut down tanpa harus menekan tombol power supply seperti jenis AT tadi. Tentunya komputer Pentium III keatas sudah menggunakan Casing dan Power supply jenis ATX ini.

   FUNGSI KONEKTOR POWER SUPPLY

Konektor 20/24 pin ATX motherboard
Konektor ini langsung dihubungkan ke motherboard ,yaitu sebagai pensuplai daya utama motherboard

Konektor 4/8 pin 12 v
Konektor 4 pin 12 volt disebut juga konektor P4 karena pertama kali digunakan bersama prosessor pentium IV. Konektor 8 pin 12 v dikenal sebagai konektor EPS yang biasa digunakan untuk komputer server. Kedua konektor ini dugunakan untuk memberikan suplai daya khusus ke prosessor.

6-pin Aux Power Cable
Konektor ini digunakan untuik memberikan daya pada komponen graphic card yang berbasis PCle ke atas yang membutuhkan daya lebih besar dari graphic ard biasanya. Konektor ini memiliki 6 pin yang terdiri dari 3 jalur+12volt dan 3 jalur ground.

Konektor 4 pin peripheral power cable
Konektor ini digunakan untuk mensuplai daya ke berbagai macam komponen hardware ayng ada di dalam casing komputer, Seperti: Optical drive ,Graphic card ,Casing fan, dan Harddisk

Floppy Drive power cable
Konektor ini ahnya digunakan untuk mensuplai daya pada flopy disk. Memiliki bentuk yang kecil dan tipis disesuaikan dengan konektor yang ada di floppy disk drive.

SATA power cable
Konektor jenis ini digunakan khusus untuk komponen hardware yang menggunakan interface SATA, seperti hard disk, Konektor SATA memilik tiga tegangan yaitu: +5v,+12v,+3.3v.


   

0 komentar:

Posting Komentar